Tuesday, August 7, 2007

Sekedar Menganjurkan....

Oh iya.. sekedar menganjurkan, jangan lupa ikut senam hamil yaa.. minimal ikut deh 2 kali. Itu sangat ngebantu banget. Di senam hamil kita nggak hanya melakukan gerakan untuk mengatasi keluhan kehamilan,tapi juga kita dilatih untuk menghadapi pra, saat dan pasca melahirkan. Saat mengalami kontraksi, saat melakukan persalinan (terutama pernafasan), bahkan cara2 merawat bayi.

Waktu aku menjalani kehamilan Rara, belum pernah ikut senam hamil. Wal hasil... saat melahirkan salah nafas yang berakibat robek kemana-mana. Si dede'nya ga juga nongol2 karena nafasnya gak karuan. sampe2 dokternya ngancem mau ninggalin he2..

Tau nggak waktu melahirkan Rara, karena sobek kemana2 jaitannya buanyaak banget. Kaya diobras... Dokter aja sambil jait sempet sambil nyanyiin lagunya "Padi".

Trus karena belum pernah dapet pelatihan merawat bayi, jadi gak punya keberanian dan percaya diri untuk megang sendiri apa2 yang seharusnya bisa dilakukan. Kaya mandiin bayi... Sampe lepas ari2 si Rara harus dimandiin ibu bidan atau ibu. Padahal udah tau dari buku, tapi tetep aja gak punya rasa PD.

Alhamdulillah... Setelah kehamilan ke 2, aku ikut senam hamil.. Walaupun cuma 4 kali tapi banyak yang bisa didapet. Kenapa bisa banyak yang didapat? Soalnya disitu pelajaran bukan hanya dari guru senamnya doang... tapi disana banyak juga ibu2 berpengalaman yang masih ikut senam hamil untuk kehamilannya yang kesekian. Jadi kita bisa bertukar pengalaman tentang ini-itu...

Dari tambahan ilmu itu aku lebih lancar dan lebih santai menghadapi kehamilan dan persalinan. Ilmu itu juga yang membuat kita lebih percaya diri untuk melakukan yang seharusnya bisa kita lakukan sendiri. Jadi setelah Izha lahir, justru semuanya lebih sreg kalo dilakukan sendiri.

No comments: