Sunday, August 19, 2007

Kelahiran Bayi Kedua ku

Hai.. hai.. Ketemu lagi...
Kita lanjutin cerita yaah...

Ternyata setiap proses persalinan untuk setiap bayi itu berbeda beda.
Ada yang gampang banget, wajar atau bahkan ada yang melalui proses yang lama.
Ada yang melalui proses spontan, ada juga yang melalui operasi.

Alhamdulillah.. Dalam 2 kali persalinan aku melaluinya secara spontan.
Memang sih aku gak pernah tau gimana rasanya melalui proses persalinan dg operasi,
tapi kalo aku boleh memilih, aku lebih memilih proses kelahiran secara spontan.
Secara biayanya lebih terjangkau, sakitnya gak lama dan setelah proses kelahiran berlangsung aku bisa langsung bisa berinteraksi dg my bby.

Oh iya.. Alhamdulillah kelahiran bayi keduaku lebih cepat dan lebih lancar dari yang pertama.
Saat itu awal bulan Desember perkiraan hasil USG si bby akan lahir sekitar tgl 20-30 Des.
Jadi santai2 aja. Tapi aku masih selalu berharap agar si bby cepet keluar. Udah gak sabar untuk menimang my 2nd bby. Jadi mulai tgl 3 Des aku ditemani suami dan Rara (anak pertamaku) rajin jalan pagi. Kata P Dokter biar si bby cepet turun jd cepet keluarnya hehe...

Tanggal 7 sore perutku terasa tegang setiap 15 menit sekali. "Waah dah deket nih" pikirku.
Tapi ditunggu tunggu jarak sakitnya gak berubah. Tanggal 8 pagi rasa sakit itu hilang sama sekali. Jadi kubuat sibuk aja dg bersih2 kamar mandi dll. Tiba2 jam 8 malam sakitnya mulai lagi. dan ini benar2 sakit sampai ke punggung. jaraknya 10 mnt sekali. Karna aku berpatokan tunggu tanda baru kedokter, jadi ini ku anggap biasa. Setelah sakitnya tiap 5 mnt sekali aku langsung telpon ortuku. Dan sarannya aku harus langsung ke Dr. Padahal jam dirumahku menunjukkan pukul 11.00 malem.

Alhamdulillah... Drnya baru aja mau pulang.
Setelah di cek ternyata sudah bukaan 2. Ternyata gak perlu nunggu tanda untuk tau waktunya akan melahirkan. yang penting jarak sakitnya aja yang jd patokan.
Kami langsung masuk ke RS jam 2 malem. Perjalanan mulai jam 2 malem terasa luamaaa banget. Rasa sakitnya melebihi rasa sakit saat proses kelahiran pertamaku. rasanya bener2 gak mau lagi ngerasain itu. Setiap saat mataku gak pernah lepas dari jarum jam di samping tempat tidur. Syukurlah Rara dah bobok, jd papahnya bs nemenin begadang. Setengah 4 pagi ada sesuatu yang mengalir di kakiku. dan ternyata itu darah. Langsung aku dibawa ke ruang bersalin. Setelah di cek, aku dah bukaan 9 siap melahirkan. Wah cepat sekali bukaan nyaris lengkap. Berarti tiap jam aku mengalami 2 bukaan. Alhamdulillah...

Gak nunggu lama Dr ku datang. Seneng deh p Dr langsung menyuruhku mengejan.
Hanya sekali aku ngelakuinnya dan bayiku lahir... Alhamdulillah... Bayiku langsung ditaruh di atas perutku. Subhanallah... Cantik dan sehat. dan Ternyata sakitnya seketika itu juga hilang.

Nha.. Jadi bagi yang belum pernah merasakan, jangan takut.
Karena walaupun sakitnya bener2 sakit, tapi setelah semua dilalui.. rasanya.... gak bisa diungkapkan... indaaah sekali. Rasa sakit itu sebanding dg apa yang kita dapatkan setelahnya. Lagian sakitnya gak lama kog.. Hanya beberapa detik tiap 5 mnt, 3mnt, 2 mnt.. setelah itu.. yang ada hy rasa bahagia, terharu dan rasa syukur.. dan Itu adalah awal untuk kehidupan baru yang lebih menuntut tanggung jawab kita sebagai seorang ibu.

Oh iya.. jauh sebelum proses kelahiran berlangsung, bayangkan perjuangan ibu kita yang sudah melahirkan kita lebih dulu. Dengan begitu kita akan lebih sayang dan berbakti pdnya. InsyaAllah hal itu akan menjadi benang merah yang menyatukan antara perjuangan kita dan doa ibu pada saat proses persalinan.
Bukan hanya karena sugesti. Tapi disaat2 seperti itu doa ibu sangat mambantu.
Bila antara doa ibu dan usaha kita bs sejalan, maka doa ibu akan lebih mujarap tho...

2 comments:

Anonymous said...

weh..selamat
anak adalah mukjizat Tuhan yang dititipkan ke kita...

saya juga sedang menunggu kelahiran anak ke-2 ku...

mohon doanya ya

RaRaIzHa said...

Alhamdulillah...

Saya doakan, semoga diberi kesehatan dan kelancaran baik pada kehamilan sampai proses kelahiran baik si ibu, bayi maupun bapaknya.. amin