Thursday, August 9, 2007

Bayi Sungsang....

Waktu usia kehamilanku menginjak 28 minggu (7 bulan), ternyata dari hasil USG si dede' melintang. Maksudnya keadaan si ade miring, kepala di kanan kaki di kiri. Padahal seharusnya sudah kepala di bawah. Dari dokter aku diharuskan untuk melakukan gerakan nungging 10 menit setiap bangun tidur dan mau tidur. Saat itu aku semangat anget2 tai kucing gitu deh... kalo inget nungging, kalo malez ya bobo aja deh... Kebetulan saat itu masa2nya puasa Ramadhan.. Jadi niatnya semangat doa aja deh...

Nha pas lewat 2 minggu, chek ulang si dede'. Hasilnya mengecewakan. Masa si dede' malah sungsang, posisi kepala di atas, kaki dibawah... Kayanya doi protes karna mamahnya malasss. P' Dokter marah, soalnya kalo 2 minggu lagi gak berubah ke posisi normal, proses kelahiran harus dilakukan dengan oprasi. Waaaah gak mauuuu... Nyesel banget... tapi itu mah salah sendiri kenapa malezzz. Ternyata bener, Allah gak akan mengubah nasib seseorang kalau kita sendiri gak mau usaha.

Pulang dari dokter aku rajiiiinnn bgt nungging. Rajin juga berdoa. Gak hanya tiap mau tidur ama bangun tidur, tapi setiap saat ada waktu langsung nungging. Setelah 1 minggu aku maksa suami buat nganterin chek ke dokter, padahal jadwalnya msh 1 mg lagi. Maksudnya, kalo minggu ini posisi si dede' blm bener juga berarti usaha 1 minggu kedepan harus lbh keras. Alhamdulillah... ternyata posisi dede' dah normal... Seneeeng banget.

Jadi obat posisi sungsang biar normal adalah:
Banyak nungging dan banyak berdoa.
Jangan terlalu sering jongkok dan jalan kalo posisi baby belum normal, karena bayi bisa lbh cepat masuk panggul dalam keadaan tsb.Bisa2 gak bisa diputer lagi.

Nha kalo posisi baby dah normal dianjurkan:
Banyak jalan dan jongkok biar cepet turun dede'nya.
Jangan kebanyakan bobo' atau malez2an.. ntar dedenya juga malez keluarnya (kecuali untuk yang dianjurkan dokter banyak istirahat).

No comments: