Saturday, September 1, 2007

ASI Pertamaku untuk Sang Bayi

Alhamdulillah..

hari ini aku teringat pertama kali ngeliat my bby hadir di hadapanku.
surprise banget. (yang dah liat poto pasca kelahiranku jg pasti surprise)
Rasanya bener2 gak bisa digambarkan dengan kata2.
Yang dah ngerasain pasti setuju dengan pendapatku.

Yang pasti setelah mereka bersih dan sudah melalui pemeriksaan dokter, si ayah bisa mengumandangkan adzan di telinganya. Trus giliran mamahnya kapan???

Biasanya di RS ttt si bby harus dimasukkan ke pemanas dulu untuk penyesuaian suhu, antara suhu rahim dan dunia luar. Setelah 1 jam si bby dah dikasihkan ke si ibu buat di susuin. Tapi ada juga lho RS yang sengaja menyediakan Susu botol buat si bby. Alasannya seh agar bayi gak kelaparan.

Sekedar menyarankan, kalo bisa dihindarkan deh penggunaan susu botol di awal2 kelahirannya. Ntar malah si bby lebih suka ama susu botol. Penggunaan susu botol pada awal kelahirannya tdk sepenuhnya salah sih. Karena memang pada awalnya biasanya si bby ga pernah puas dg si Asi, karena si Asi gak keluar2 juga. Tapi jangan salah, justru cairan yang pertama keluar adalah cairan yang sangat baik buat si bby, terutama untuk daya tahan tubuhnya.

MamahRara adalah salah satu pasien dari RS yang menyediakan susu botol untuk si bayi. Karena sebelumnya dah di jelasin pajang lebar ttg pentingnya ASI (dr dokter, ortu n' buku), jadi mamah Rara bersikukuh untuk selalu meminta bby Rara dan Izha di susui sendiri saat si bby lapar. Pernah sampe 2 jam gak lepas2 si bby menyusui tetep aja nangis.. ternyata memang blm banyak keluar. Karena si bby masih lapar juga terpaksa dibantu dg susu botol. Tapi diusahakan gak banyak, biar si bby terus berusaha mengkonsumsi ASI.

Bukannya tega membiarkan si kecil kerja keras, tapi itulah cara untuk melancarkan keluarnya si ASI. Semakin dihisap, semakin besar kemungkinannya si ASI keluar dg lancar (Insya Allah). Emang sih awalnya sakit, tapi paksain aja.. sakitnya juga paling lama 5 hari. Mungkin biar lebih ringan ngejalaninnya ayo kita tanamkan moto:"Lebih baik berkorban diri beberapa hari dari pada mengorbankan kesehatan si kecil dikemudian hari."

Gimana?? Ikhlas khan...

No comments: