Monday, September 3, 2007

Cerita si Bby di 1 bln Pertama

Diawal awal setelah kelahirannya si bayi mengalami penyesuaian terhadap dunia barunya,
Ya.. suhu, iklim, suara, bau... apapun deh yang asing bagi dia.
Dan ternyata dari saat kita pertama kali menyentuhnya, dia sudah mulai menghapalkan suara kita, bau kita, suara denyut jantung bahkan aliran darah kita yang sebelumnya pernah dia rasakan sejak dalam kandungan. Jadi secara otomatis dia akan tau mana ibu, dan mana orang2 yang pernah dekat dengan dia sejak dalam kandungan.

Jadi hati2.. Kalau kita sengaja atau tidak sengaja menjauhi dia (dalam hal hati), maka dia pasti akan sedih sekali dan merasa terbuang. Sayang dia belum bisa berkomentar saat itu.

Di 1 bulan setelah kelahirannya, kita sebagai orang tua juga akan belajar banyak.
  • Bila kita mendekati dia dalam kondisi hati tak tenang atau sdg dalam masalah, maka si bayi pasti nangis dan gelisah. Karena ternyata dia sangat peka terhadap perasaan kita. Jadi sebaiknya kalo kita sedang gelisah, tenangkan dulu hati kita baru pegang si kecil mungil kita.
  • Kita mulai belajar mengenali jenis2 tangisan bayi kita.
  • Kita mulai belajar waktu2 tidurnya yang gak pernah sehati ama kita.
  • Kita mulai belajar bahwa di 1 bulan pertama ternyata dia belum terbiasa dg suhu kamar. Dia akan menangis bila tubuhnya terlepas dari belitan kain bedong. (pengalaman anak2ku).
  • Kita mulai belajar kalo dia suka bila direndam air hangat saat mandi. Mungkin inget saat berenang di air ketuban ya hehe..
  • Kita mulai belajar kalo dia suka dengan suara lembut dan sentuhan lembut ibu ketimbang saat kita panik. Buktikan deh...
  • ... Dan banyak lagi yang bisa kita pelajari lho... bahkan posisi favorit bayi kita saat menyusui...

Karena sangat banyak, ortu akan punya pengalaman lucu, menarik bahkan menyedihkan saat menemani sang bayi di bulan pertamanya. Tapi yang paling penting apapun yang terjadi sama bayi kita, belajarlah untuk tetap tenang. Maka si bayi akan merasa lbh nyaman walaupun doi dalam kondisi tak mengenakkan.

Masa siiih??? Buktikan sendiri yaaah...

No comments: